Jajaran Dewan Komisaris, Direktur & Komite

DEWAN KOMISARIS

H. SYAMSIR SIREGAR
Komisaris Utama

Warga negara Indonesia, usia 79 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau menamatkan pendidikannya di Akademi Militer Nasional tahun 1965 dan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 1981 dan mengabdikan diri sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia hingga tahun 1996, dengan jabatan terakhir Kepala Badan Intelijen ABRI. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Negara. Beliau menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan sejak tahun 2010 berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan.

HENDRICK KOLONAS
Komisaris

Warga negara Indonesia, usia 64 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (BA-Hons) bidang Accounting & Finance dari Middlesex University–England (1982), kemudian Master of Business Administration dari Schiller International University, London (1983) serta Master of Arts dalam bidang Banking Administration dari The University of Hull, England (1989). Beliau menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Perseroan sejak tahun 2012, berdasarkan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan.

Beliau menjadi salah satu founder beberapa perusahaan pembiayaan konsumen, seperti PT Wahana Ottomitra Multiarta dan perusahaan lembaga keuangan seperti PT SMS Finance, PT Asuransi Jaya Proteksi, PT Pan Pacific Insurance dan lainnya. Sejak 2010, beliau menjabat sebagai Komisaris Utama PT Celebes Artha Ventura.

ITO SUMARDI DJUNI SANYOTO
Komisaris Independen

Warga negara Indonesia, usia 67 tahun, berdomisili di Jakarta. Beliau menamatkan pendidikan utamanya di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Kepolisian tahun 1977, Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1986 dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) serta menamatkan pedidikan di bidang hukum sampai jenjang S3 pada tahun 1996.

Beliau juga menamatkan pendidikan S2 di bidang Administrasi Bisnis (Business Administration) serta berbagai pendidikan kejuruan dan pendidikan singkat (kursus) baik di dalam maupun di luar negeri. Sejak tahun 2019, beliau diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan.

Sejak tahun 1978 hingga tahun 2011 beliau mengabdikan diri sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia dengan menduduki berbagai jabatan, antara lain sebagai Kapolres Karawang, Kapolwiltabes Surabaya, Irwasda Polda Bali, Dansatgas Tsunami Aceh, Dansatgas PAM Aceh Monitoring Mission, Kapolda Riau, Kapolda Sumatra Selatan dan jabatan terakhirnya adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Kabareskrim).

Setelah purna tugas di Kepolisian, beliau menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh untuk Republik Uni Myanmar pada tahun 2014 hingga tahun 2018.

DIREKSI

HANDOJO SANTOSA
Direktur Utama

Warga negara Siprus, usia 56 tahun, berdomisili di Singapura. Pada tahun 1997, beliau diangkat sebagai Direktur Utama Perseroan, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Beliau bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan strategis dan operasional Perseroan.

Beliau bergabung di Perseroan pada tahun 1986 sebagai manajer di Divisi Minyak Nabati di Tanjung Perak, Surabaya, dimana beliau bertanggung jawab atas kegiatan operasional harian di divisi tersebut. Dari tahun 1989 sampai 1997, beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan.

TAN YONG NANG
Wakil Direktur Utama

Warga negara Singapura, usia 59 tahun, berdomisili di Singapura. Beliau menyelesaikan pendidikan dengan gelar Bachelor of Arts (Ekonomi) dari University of Cambridge, UK, pada tahun 1983. Beliau juga terdaftar sebagai Chartered Financial Analyst dari The Institute of Chartered Financial Analyst, USA pada tahun 1992. Saat ini beliau juga merupakan anggota Mensa International. Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2008, beliau diangkat menjadi Direktur Perseroan. Beliau membawahi Divisi Budidaya Perairan, Divisi Peternakan Sapi Potong, Divisi Sumber Daya Manusia, Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Keuangan Korporasi.

Beliau bergabung dengan Perseroan pada tahun 2007 sebagai Assistant to the CEO dan Chief Operating Officer (COO) Corporate Services sebelum mengemban posisi sebagai COO Perseroan pada tahun 2011. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau pernah menjabat sebagai Project Director dan COO Li & Fung Group pada tahun 2005, CEO di Delifrance Asia Ltd pada tahun 2003. Sebelumnya, tahun 1991 hingga 2003, beliau bergabung di kelompok perusahaan PAMA Group Inc. Tahun 1988, beliau bergabung dengan grup Prudential sebagai seorang analis investasi yang berbasis di Hong Kong dan Amerika Serikat. Pada tahun 1986, beliau bekerja sebagai seorang peneliti di bidang ekonomi di Departemen Perdagangan dan Industri Singapura. Awal karier beliau dimulai pada tahun 1985 sebagai ahli statistik di Departemen Statistik, Singapura.

Antonius Harwanto
Direktur

Warga Negara Indonesia, 67 tahun. Berdomisili di Jakarta.

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tujuh Belas Agustus, Surabaya pada tahun 1986. Beliau telah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam industri pakan ternak dengan memegang berbagai jabatan di Perseroan dan/atau anak Perusahaan Perseroan, antara lain:

JABATAN DI PERSEROAN
Sejak tahun 1984 sampai tahun 1986 menjabat sebagai Sales Coordinator, tahun 1987 sampai 1991 sebagai Marketing Manager, dimana dalam kedua posisi tersebut beliau terutama bertanggung jawab di bidang penjualan; Tahun 1991 sampai tahun 1997 sebagai Kepala Unit di Cikupa –Tangerang serta sejak tahun 1994 merangkap sebagai Kepala Unit di Cirebon, tahun 1997 sampai tahun 1999 sebagai Kepala Unit di Sidoarjo. Sebagai kepala unit di tiga lokasi tersebut, beliau bertanggung jawab untuk produksi dan penjualan pada Unit tersebut. Selanjutnya menjabat sebagai Kepala Divisi Pakan Ternak sejak 2005, kemudian sejak 2017 menjabat Deputy COO Poultry Indonesia dan sejak 1 Januari 2021 menjabat sebagai COO Poultry Indonesia.

JABATAN DI ANAK PERUSAHAAN PERSEROAN
Sebagai Direktur PT Indojaya Agrinusa sejak tahun 1995 sampai November 2018 dan dari November 2018 sampai sekarang sebagai Direktur Utama PT Indojaya Agrinusa. PT Indojaya Agrinusa, adalah perusahaan patungan yang juga bergerak dibidang industri peternakan. Sejak Juli 1999 sampai Juli 2012 sebagai Komisaris PT. Multibreeder Adirama Indonesia Tbk (anak perusahaan Perseroan di bidang pembibitan ayam (breeding) yang telah dimerger kedalam Perseroan pada tahun 2012). Sejak November 2001 sampai Januari 2008 sebagai Direktur PT Multiphala Agrinusa dan dari Januari 2008 sampai Desember 2010 sebagai Direktur Utama PT Multiphala Agrinusa (anak perusahaan Perseroan di bidang pakan ternak yang telah dimerger kedalam Perseroan pada tahun 2010). Menjabat sebagai Direktur Utama PT Ciomas Adisatwa sejak September 2016 sampai Juni 2019 dan selanjutnya menjabat sebagai Komisaris Utama PT Ciomas Adisatwa sejak Juni 2019 sampai saat ini. PT Ciomas adalah anak Perusahaan Perseroan yang bergerak di bidang budi daya ayam ras dan pengolahan ayam.

LEO HANDOKO LAKSONO
Direktur

Warga Negara Indonesia, usia 61 tahun. Berdomisili di Bekasi, Jawa Barat. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Manajemen dari Universitas Surabaya pada tahun 1986 dan Master of Business Administration dari LPPM Jakarta pada tahun 1992. Sejak tahun 2019, beliau diangkat menjadi Direktur Perseroan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Beliau membawahi Divisi Pengawasan Keuangan dan Unit-unit Usaha Startegis.

Beliau telah memiliki pengalaman yang cukup panjang di grup PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dengan menduduki berbagai jabatan di bidang audit dan Keuangan Perseroan antara lain sebagai Group Financial Controller Perseroan dari tahun 1998 sampai tahun 2005, Head of Audit Department Perseroan dari tahun 1990 sampai tahun 1998.

Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Multibreeder Adirama Indonesia Tbk (MBAI), anak perusahaan Perseroan waktu itu, dari tahun 2006 sampai MBAI merger ke dalam Perseroan pada tahun 2012.

Saat ini, di grup Perseroan, beliau menjabat sebagai Komisaris pada PT Multi Makanan Permai, PT Indojaya Agrinusa dan PT Vaksindo Satwa Nusantara (seluruhnya adalah anak-anak perusahaan Perseroan).

RACHMAT INDRAJAYA
Direktur

Warga negara Indonesia, usia 58 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau meraih gelar sarjana dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil di Universitas Trisakti, Jakarta, pada 1988. Beliau diangkat sebagai Direktur Tidak Terafiliasi (Independen) sejak 2013 berdasarkan Keputusan Rapat umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan. Dalam Perseroan, beliau membawahi Divisi Corporate Affairs yang meliputi Corporate Communication, Social Investment dan Government Relations dan juga bertugas memastikan terciptanya iklim independen yang merupakan kunci dari penerapan Tata Kelola Perusahaan yang ditujukan untuk kepentingan pemegang saham minoritas dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Komisaris Utama dan Independen PT Multibreeder Adirama Indonesia Tbk (2005–2012), Direktur PT Indonesia Prima Properti Tbk (1993-2000), Komisaris Utama PT Artha Lautan Mulya (1992–2005), Direktur PT Karya Mitra Sejati (1991–1995), dan Direktur PT Tri Ekatama (1989– 1990).

KOMITE AUDIT

ITO SUMARDI DJUNI SANYOTO
Ketua Komite Audit

Profil beliau dapat dilihat di bagian profil Dewan Komisaris.

EDWIN SURATMAN, SE., Ak.
Anggota

Berusia 64 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau meraih gelar Sarjana dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1985. Berpengalaman pada perusahaan-perusahaan, antara lain sebagai Senior Auditor/ Deputy Managing Partner pada sebuah Kantor Akuntan Publik, Advisor Finance dan Accounting, Instruktur dalam bidang akunting. Beliau diangkat sebagai anggota Komite Audit Perseroan sejak 5 April 2017.

KARYA UTAMA ATMADILAGA, SE., Ak.
Anggota

Berusia 62 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau menamatkan pendidikan dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1985. Beliau berpengalaman pada perusahaan-perusahaan, antara lain membawahi Departemen Akuntansi, Pembelian dan Logistik.

Beliau juga berpengalaman memberikan pelatihan/pendidikan perbankan, pelatihan pendidikan Internal Auditor perbankan, mengarahkan dan mengawasi tim Internal Auditor, membantu Komite Audit, menyiapkan dan membuat rencana program audit tahunan. Beliau diangkat sebagai anggota Komite Audit Perseroan sejak 5 April 2017.

KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

ITO SUMARDI DJUNI SANYOTO
Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi

Profil beliau dapat dilihat di bagian profil Dewan Komisaris.

H. SYAMSIR SIREGAR
Anggota

Profil beliau dapat dilihat di bagian profil Dewan Komisaris.

EDDY WIDADI
Anggota

Berusia 60 tahun, berdomisili di Indonesia. Beliau meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang tahun 1984, berpengalaman di bidang Human Resources. Beliau bergabung dalam group Perseroan sejak tahun 1988 dan saat ini menjabat sebagai Head of Corporate Human Resources Perseroan. Beliau diangkat sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan sejak tanggal 17 September 2015.

SEKRETARIS PERUSAHAAN

MAYA PRADJONO
Sekretaris Perusahaan

Maya Pradjono, berusia 55 tahun. Lahir di Surabaya pada 1965. Meraih gelar sarjana di bidang Hukum dari Fakultas Hukum, Universitas Kristen Indonesia pada 1991. Setelah itu, berkarir di Kantor Konsultan Hukum di Jakarta. Latar belakang pengalaman yang ekstensif selama hampir 20 (dua puluh) tahun menjadikan beliau dipercaya sebagai Sekretaris Perusahaan sejak 2012 hingga saat ini.

close
Back to Top