Gempa Lombok

30 Agustus 2018

Salah satu pulau pariwisata kebanggaan Indonesia, Lombok diguncang oleh dua gempa dasyat pada 29 Juli dan 5 Agustus, 2018. Memakan korban jiwa sebanyak 563 orang dan 1.116 orang terluka, pemerintah Indonesia menggerakkan regu penyelamat dan operasi evakuasi. Warga di wilayah yang terkena dampak, khususnya di Lombok Utara dan Lombok Barat terpaksa mencari perlindungan di posko pengungsian karena telah kehilangan tempat tinggal dan khawatir akan gempa susulan.

Sementara proses distribusi bantuan dilaksanakan oleh petugas; masih ada warga yang tinggal di wilayah terisolasi kesulitan menjangkau persediaan bantuan, dan dengan keadaan seperti itu disetiap harinya, perjuangan untuk bertahan hidup semakin meningkatkan keputusasaan. PT Ciomas Adisatwa Lombok, salah satu unit usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk; bekerjasama dengan JAPFA Peduli, perpanjangan tangan dari Departemen Social Investment JAPFA berusaha untuk memberikan bantuan vital untuk warga yang berada di lokasi yang sulit terjangkau. Pada 19 Agustus, JAPFA menyalurkan 300 paket selimut, 400 paket sembako, 500 karton susu dan sosis siap saji di 10 posko pengungsian di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur. Selain itu, diberikan juga genset untuk bantuan listrik serta tenda militer dari ukuran pleton hingga komando untuk melindungi warga korban bencana yang membutuhkan. Contohnya di Dusun Amor-Amor, Lombok Utara, pegawai JAPFA dapat membantu keluarga dengan bayi yang terperangkap berhari-hari dilokasi tanpa listrik dan bantuan pangan.

Bekerjasama dengan tim Paramedis dari Dinas Kesehatan dan Rumah sakit Mataram, JAPFA menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis di Lombok Barat dan Lombok Timur. Secara Khusus JAPFA mengirimkan obat-obatan dari Jakarta untuk membantu meringankan keterbatasan obat di Pulau Lombok.

close
Back to Top