JAPFA Memenangkan Asia Responsible Enterprise Award 2019

10 June 2019

Dengan bangga untuk kedua kalinya sejak tahun 2017, Tim Social Investment Japfa Comfeed Indonesia menerima penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA 2019) yang diselenggarakan di Taipei, 24 Mei 2019.

Bersaing dengan lebih dari 200 perusahaan di 16 negara Asia, Japfa Comfeed Indonesia berhasil memenangkan 2 dari 6 kategori penghargaan, yakni kategori Social Empowerment dan Health Promotion.

Juri ajang penghargaan AREA 2019 dipimpin oleh Duta Besar Taiwan, Dr. Eugene Chien. Masing-masing program yang diajukan akan dievaluasi selama tiga bulan berdasarkan keefektifan, relevansi, dampak dan keberlanjutan program.

Pada kategori Social Empowerment dimenangkan oleh program SiRepi (Resik Nguripi) JAPFA. Inisiatif sosial ini diluncurkan pada tahun 2018 oleh Tim Social Investment yang berkolaborasi dengan Tim Unit Sragen. Konsep dari program SiRepi ialah untuk membantu masyarakat Sragen mengurangi sampah rumah tangga dengan cara mendaur ulang sampah tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis ataupun dapat ditukar dengan uang tunai. Pada tahap awal program, Tim JAPFA mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara memilah sampah dan jenis sampah apa saja yang dapat didaur ulang hingga menghasilkan profit. Setelah kesadaran masyarakat terbentuk, barulah didirikan “Bank Sampah JAPFA SiRepi” dimana masyrakat dapat mendaftarkan diri menjadi nasabah disana agar dapat menukar sampah rumah tangga yang sudah mereka kumpulkan dengan uang tunai. Sampai saat ini, Tim Social Investment terus melakukan pelatihan berkala kepada masyarakat dalam mengelola “Bank Sampah” agar transaksi yang dilakukan efisien dan transparan.

Kami sangat bangga dapat memenangkan kategori Health Promotion untuk kedua kalinya di ajang penghargaan AREA 2019. Semenjak meluncurkan program JAPFA for Kids di tahun 2008, kami terus mengembangkan dan menjaga keberlanjutan program demi kesejahteraan anak Indonesia dengan berbagai inovasi program. Di tahun 2017, kami memperkenalkan Duta Makanan Sehat ke sekolah-sekolah peserta JAPFA for Kids di daerah. Tim Social Investment bersama sekolah akan memilih tiga anak untuk menjadi Duta Makanan Sehat. Para duta muda ini didampingi secara intensif dalam mengenai gizi seimbang, cara mempersiapkan hidangan makanan yang berasal dari kebun mereka hingga dikelola menjadi makanan yang siap disajikan, dan bagaimana menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat setiap harinya. Setiap hari, Duta Makanan Sehat memiliki peran penting dalam menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun, memilih makanan bergizi dari pada makanan cepat saji, mengajarkan pentingnya sanitasi air, dan lainnya. Inisiatif ini telah berhasil menyebarkan perubahan perilaku dari sekolah ke rumah dan lingkungannya.

Mengenai ASIA RESPONSIBLE ENTERPRISE AWARDS (AREA):

Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) mengakui dan menganugerahkan Perusahaan di Asia yang berhasil menerapkan praktek bisnis yang bertanggungjawab dan berkelanjutan pada kategori berikut: Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance and Responsible Business Leadership.

Untuk informasi detail, kunjungi https://enterpriseasia.org/area/ and https://www.japfacomfeed.co.id/en/csr

(kiri-kanan)

  • Dr.Niven Huang, Regional Leader, KPMG Sustainability services in Asia Pacific (KPMG Taiwan)
  • R. Artsanti Alif, Head of Social Investment JAPFA
  • G. Ayu Sindy Prabayuni, Social Investment Staff JAPFA
  • Datuk Seri Dr Victor Wee, Former Chairman of Tourism Malaysia Advisor to Enterprise Asia
close
Back to Top