Apresiasi Sekolah Dampingan, JAPFA Gelar JAPFA for Kids Awards 2020-2021 Secara Virtual

17 Februari 2021

PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) hari ini menggelar penyerahan penghargaan Lomba JAPFA for Kids Awards 2020-2021 yang dilaksanakan secara virtual. Program JAPFA for Kids Awards kali ini merupakan tindak lanjut dari program pendampingan pada tahun 2019 yang merangkul 9.064 siswa dari 53 sekolah di 6 Provinsi. Menolak menyerah dengan kondisi pandemi, JAPFA tetap berkomitmen untuk mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta konsumsi makanan bergizi untuk Anak Indonesia dan terus melaksanakan program dengan melakukan reformulasi kompetisi JAPFA for Kids Awards.

“Beradaptasi dengan pandemi, JAPFA melakukan reformulasi pendekatan JAPFA for Kids Awards untuk dapat memastikan keberlanjutan dan kesinambungan program. Semua kompetisi, baik itu untuk guru maupun siswa, sebagian besar kami ubah menjadi kompetisi dengan penjurian secara daring,” ujar R. Artsanti Alif, Head of Social Investment JAPFA.

Mekanisme perlombaan dari yang sebelumnya dilaksanakan di masing-masing wilayah program, pada JAPFA for Kids Awards kali ini penjurian dilakukan secara daring dengan meminta peserta lomba membuat video kompetisi pada masing-masing cabang lomba terutama untuk perlombaan Duta Anak Sehat, Duta Makanan Sehat, dan Duta Lingkungan Sehat.

“Siswa yang mengikuti perlombaan Duta Makanan Sehat diminta membuat video proses memasak hingga presentasi hasil masakan mereka, dan dalam kompetisi Duta Anak Sehat, siswa diminta membuat video kampanye PHBS dan mengikuti ujian online,” jelas Artsanti. “Hasil perlombaan dikumpulkan dan kemudian dinilai oleh Dewan Juri dari Kementrian Kesehatan. Sedangkan untuk perlombaan Duta Lingkungan Sehat, Lomba Mengarang dan Lomba Menggambar dinilai oleh juri dari Dewan Kesenian Surabaya,” imbuhnya.

Selain lomba untuk siswa, JAPFA for Kids Awards juga membuat Kompetisi Catur serta implementasi 5S untuk guru dan sekolah. Pada JAPFA for Kids Awards kali ini lomba diikuti oleh 53 Sekolah Dasar dari 6 Provinsi di Indonesia. Lebih lanjut, Artsanti memaparkan program JAPFA for Kids sudah dilaksanakan sejak tahun 2008. Selama lebih dari 12 tahun JAPFA mendorong perubahan perilaku dan membentuk sistem yang mendukung PHBS dan konsumsi gizi seimbang di sekolah.

“Melalui JAPFA for Kids Awards kami berupaya untuk melakukan evaluasi capaian dari program pendampingan yang telah dilaksanakan sebelumnya selama 9 bulan. Khusus pada masa pandemi ini, kegiatan ini merupakan wujud konsistensi JAPFA dalam melaksanakan program secara berkelanjutan dengan tidak menyerah pada kondisi pandemi,” tutupnya.

close
Back to Top